Jumat, 15 April 2011

Roseto

Malcolm Gladwell menulis buku yang berjudul ‘outliner’ yang mengisahkan cerita di balik kesuksesan orang-orang hebat yang tidak biasa. Pada cerita pengantarnya dikisahkan mengenai sebuah kota kecil di kawasan Pennsylvania yaitu Roseto. Roseto adalah sebuah kota kecil di sebelah timur Pennsylvania dimana penduduknya terdiri dari para imigran dari Italia.



Roseto diambil dari asal daerah mereka Roseto Valfortore yang terletak seratus mil tenggara kota Roma di pegunungan Apennie, provinsi Foggia, Italia. Pada awal abad 19 orang Roseto berbondong-bondong menuju Amerika. Di Negara ini mereka bermukim di Bangor, dan bekerja pada tambang batu. Mereka kemudian membuat pemukiman di sisi pegunungan batu yang bisa dicapai dari Bangor dengan berkendaraan kereta kuda melalui jalanan yang juram dan terjal. Pada awalnya mereka menamai kota kecil mereka New Italy, tetapi kemudian diubah menjadi Roseto yang dirasa lebih pantas mengingat asal mereka berasal dari desa yang sama di Italia.

Ada suatu hal yang menarik dari kota kecil ini yang diungkap oleh seorang dokter yang sedang menghabiskan liburannya di kawasan pertanian di Pennsylvania yang tidak jauh dari Roseto, Dr. Stewart Wolf. Sang dokter merasa takjub dengan kenyataan yang ditemukan di Roseto bahwa dia jarang menemukan penduduk Roseto di bawah usia 65 tahun yang mengidap penyakit jantung. Saat itu masih tahun 1950-an dimana berbagai obat penurun kolestrol dan pengobatan yang agresif untuk mencegah timbulnya penyakit jantung belum ditemukan. Saat itu serangan jantung sudah menjadi epidemic di Amerika Serikat dan menjadi penyebab kematian utama bagi kaum pria dibawah usia 50 tahun.

Beranjak dari fakta tersebut Dr. Wolf dibantu oleh beberapa murid dan rekannya melakukan penelitian. Dalam penelitian ini dikumpulkan sertifikat kematian dari penduduk Roseto. Analisis dilakukan terhadap penyebab kematian dan sejarah kesehatan dan geneakologi keluarga di kota itu. Sampling dilakukan pada contoh darah dan EKG yang dilakukan terhadap seluruh penduduk Roseto. Pengambilan sample dilakukan selama 4 minggu. Penelitian dilakukan pada tahun 1961. Hasil penelitian benar-benar mengejutkan.

Di Roseto, praktis tidak ada orang dibawah usia lima puluh tahun yang meninggal akibat serangan jantung atau tanda-tanda penyakit jantung. Untuk orang diatas 65 tahun, tingkat kematian karena jantung di Roseto sekitar ½ dari seluruh Amerika Serikat. Tingkat kematian karena berbagai penyebab di Rosseto sekitar 30-35 % di bawah dugaan.

Pada penelitiannya Wolf menyertakan rekannya seorang sosiolog bernama John Bruhn untuk menolongnya. Wawancara dilakukan oleh mahasiswa kedokteran dan mahasiswa pasca sarjana Sosiologi. Mereka berkunjung dari rumah kerumah dan melakukan wawancara dengan penduduk yang berusia minimal 21 tahun.

Tidak ada kasus bunuh diri, tidak ada penyalahgunaan alkohol, tidak ada kecanduan obat terlarang, dan sangat sedikit tindak kejahatan. Tidak ada seorangpun dari mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tidak ada catatan yang menderita luka lambung. Kesimpulannya adalah orang-orang tersebut meninggal akibat sudah uzur. Itu saja.

Dalam hal ini Dr. Wolf menemukan bahwa Roseto merupakan tempat di luar pengalaman manusia normal, dimana atuaran normal tidak ditemukan di tempat itu. Roseto adalah sebuah outlier.

Dr. wolf kemudian meneliti cara makan dari penduduk Roseto, dengan asumsi bahwa warga Roseto pasti menjalankan sejenis pengaturan makanan dari ‘dunia lama’ yang membuat mereka lebih sehat dari kebanyakan orang Amerika lainnya. Namun, hipotesanya ternyata keliru. Warga Roseto memasak makanan dengan lemak babi, bukan dengan minyak zaitun yang lebih sehat seperti yang biasa mereka lakukan sewaktu di Italia. Pizza di Italia dibuat dalam bentuk lempengan roti tipis dengan garam, minyak, dan mungkin tomat, ikan kering kecil, atau bawang. Pizza di Pensylvania dibuat dalam bentuk lempengan roti tebal dengan tambahan sosis, daging pepperoni, salami, ham, dan kadang-kadang telur. Kudapan yang manis-manis seperti biscotti dan taralli biasanya disimpan untuk hari Natal dan Paskah, di Roseto kudapan ini biasa dimakan kapanpun. Kemudian Dr. Wolf mendatangkan ahli diet untuk menganalisis kebiasaan konsumsi makanan warga Roseto. Mereka menemukan bahwa 41 % kalori yang mereka dapatkan berasal dari lemak. Warga di kota inipun jarang melakukan yoga dan berlari pagi sejauh enam mil di udara yang dingin secara konsisten. Warga di Pensylvania sebagian besar perokok berat dan banyak diantaranya bermasalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Pola makan dan olahraga ternyata tidak dapat menjelaskan fakta yang ditemukan.

Penelitian kemudian diarahkan kepada genetika. Warga Roseto adalah sekelompok orang yang sangat dekat yang berasal dari daerah yang sama di Italia. Dr. Wolf menduga bahwa warga berasal dari garis keturunan yang sama yang menyebabkan mereka dilindungi dari potensi penyakit tertentu. Untuk itu penelitian juga dilakukan terhadap anggota keluarga Roseto yang tinggal di luar Pensylvania. Ternyata tidak.

Dia kemudian menyelidiki ke tempat dimana warga Roseto tinggal. Apakah mungkin ada sesuatu di lingkungan pebukitan yang mereka diami di Pennsylvania timur yang bagus untuk kesehatan mereka? Dua kota yang terletak paling dekat dengan Roseto adalah Bangor, yang terletak di bawah bukit, dan Nazareth, beberapa mil jauhnya. Kedua kota ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan Roseto dan didiami oleh imigran Eropa yang sama pekerja kerasnya dengan warga Roseto. Dr.Wolf meneliti catatan kesehatan kedua kota tersebut. Untuk pria di atas 65 tahun, tingkat kematian akibat serangan jantung di Nazareth dan Bangor ternyata tiga kali lipat dibandingkan dengan Roseto. Dr Wolf mengalami kebuntuan lagi.

Dr. Wolf mulai menyadari bahwa rahasia di Roseto bukanlah pola makan atau olahraga atau gen atau lokasi. Rahasianya pasti di Roseto itu sendiri.

Saat Dr. Wolf dan rekannya berjalan-jalan di Roseto, mereka menemukan jawabnnya. Mereka melihat bagaimana warga Roseto saling berkunjung antara satu dengan yang lain, berhenti untuk mengobrol dalam bahasa Italia di jalanan, mereka juga sering memasak untuk tetangganya di halaman belakang rumahnya. Selain itu Dr. Wolf juga mempelajari tentang berbagai klan di keluarga besar yang menjadi penopang struktur sosial kota tersebut. Mereka melihat berapa banyak rumah yang ditinggali tiga generasi keluarga, dan seberapa besar rasa hormat yang didapat oleh para kakek nenek.

Warga Roseto mempunyai etos egaliter dalam hidup bermasyarakat, dimana orang-orang kaya tidak memamerkan kekayaannya, dan orang-orang yang kurang sukses menguburkan segala kegagalannya. Penerapan kebudayaan paesani dari Italia selatan ke pebukitan di Pennsylvania timur, penduduk Roseto telah menciptakan sebuah struktur sosial yang hebat dan protektif yang mampu melindungi mereka dari tekanan dunia modern. Warga Roseto hidup sehat karena tempat asal mereka, karena dunia yang telah diciptakan untuk mereka sendiri di kota kecil mungil di pebukitan.

Secara konvensional, menjalani kehidupan yang panjang sangat tergantung kepada siapa diri kita (maksudnya gen yang kita punya). Kehidupan tergantung kepada keputusan yang kita buat, hal ini meliputi : makanan apa yang kita makan, seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berolah raga, dan seberapa banyak sistem medis merawat kita. Dalam hal ini tidak ada yang pernah memikirkan kesehatan yang melibatkan komunitas.

Dr. Wolf kemudian menyarankan kepada dunia kedokteran agar melihat kesehatan dan serangan jantung dalam cara yang baru. Dokter harus menyadarkan orang-orang untuk melihat keluar dari individu. Mereka harus memahami budaya yang menjadi bagian dari dirinya, dan siapa teman dan keluarganya, asal kota keluarganya. Mereka harus menghargai pemikiran bahwa nilai dari dunia yang kita alami dan orang-orang dari sekeliling kita memiliki efek yang sangat besar atas siapa diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar